Kamis, 08 Agustus 2013

Pasar Monopoli

Kata Pengantar

Bismillahirrahmaanirrahiim..
Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam yang telah memberikan banyak nikmat sehingga saya bisa menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya.
Ucapan terimakasih saya sampaikan kepada teman-teman dan pihak perpustakaan Unram yang telah memberikan tempat dan membantu saya dalam menyelesaikan makalah ini. Makalah ini berjudul “Pasar Monopoli”. Di dalamnya membahas tentang pengertian, ciri-cirinya sampai dampaknya terhadap perekonomian suatu negara. Saya berharap dari penulisan makalah ini bisa membantu kita memahami tentang hakikat dari pasar monopoli itu sendiri.
Tentunya di dalam makalah ini masih terdapat banyak kekurangan dan kelemahan yang harus diperbaiki lagi. Oleh karena itu saya berharap dari pembaca agar menyampaikan atau memberikan kritik dan sarannya yang membangun untuk perbaikan makalah ini selanjutnya.
Demikian makalah ini, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.
Wassalam..


Penulis

Daftar Isi:

Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I Pendahuluan
A. Latar Belakang
B. Perumusan Masalah
BAB II Pembahasan
1. Pengertian Pasar Monopoli
1.1. Bentuk pasar monopoli
1.2. Jenis-jenis Monopoli
2. Ciri-ciri Pasar Monopoli
3. Faktor – Faktor Yang Menimbulkan Monopoli
4. Pemaksimuman Keuntungan Dalam Monopoli
5. Kelebihan, Kelemahan, Keburukan Dan Dampak
dari Adanya Pasar Monopoli
BAB III Penutup
Kesimpulan
Daftar Pustaka
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pasar adalah tempat terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli, atau dengan kata lain adalah tempat terjadinya permintaan dan penawaran. Jadi salah sekali jika kita artikan bahwa pasar itu adalah suatu tempat tanpa kita memperinci apakah disana sedang terjadi permintaan dan penawaran atau tidak. Berdasarkan pengertian diatas, pasar bisa saja ada dimana-mana selama di dalamnya ada transaksi antara penjual dan pembeli.
Pasar dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. Pasar monopoli merupakan salah satu contoh pasar persaingan tidak sempurna. Sesuai dengan namanya, didalam pasar monopoli hanya ada satu penjual yang menguasai pasar sehingga tidak ada pihak lain yang menyainginya. Oleh karena itu pasat monopoli sering diartikan negatif oleh sebagian orang. Padahal ada juga sebagian monopoli yang tidak merugikan masyarakat pada umumnya. Sebagai contoh monopoli Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam menyediakan listrik di Indonesia.

B. Perumusan Masalah

1. Apa Pengertian Pasar Monopoli?
2. Apa ciri-ciripasar monopoli?
3. Apa faktor-faktor yang menimbulkan monopoli?
4. Bagaimana mengetahui pemaksimuman keuntungan dalam pasar monopoli?
5. Bagaimana dampak pasar monopoli?
BAB II
PEMBAHASAN

1. PENGERTIAN PASAR MONOPOLI

Istilah monopoli berasal dari bahasa Latin yaitu Monos Polein yang berarti “Berjualan Sendiri”. Oleh karena itu, Monopolist adalah penjual tunggal suatu barang yang tidak mempunyai subtitusi yang dekat atau rapat (close substitute).Sebagai penjual tunggal monopolis tersebut lebih mampu mengendalikan tingkat harga dan out putnya dibanding perusahaan dalam pasar persaingan sempurna. Namun demikian monopolist tersebut belum tentu akan memperoleh keuntungan ekonomi yang positif.Dengan kata lain, monopoli adalah suatu situasi dalam pasar dimana hanya ada satu atau segelintir perusahaan yang menjual produk atau komoditas tertentu yang tidak punya pengganti yang mirip dan ada hambatan bagi perusahaan atau pengusaha lain untuk masuk dalam bidang industri atau bisnis tersebut.

1.1. Bentuk pasar monopoli dibedakan menjadi dua :
Pasar monopoli murni yaitu bentuk pasar yang ekstrim, contohnya PLN, PAM, dan PT.KERETA API.
Pasar yang mendekati pasar monopoli(near monopoly) yaitu pasar yang hanya terdiri dari satu orang perusahaan(single producen). Sebagai contoh adalah penjual sate disuatu daerah tertentu merupakan monopoli murni untuk daerah tersebut, tetapi ia disebut near monopoly karena diluar daerah tersebut juga ada penjual sate yang sama.

1.2. Jenis-jenis monopoli

a) Monopol Alamiah
Yaitu monopoli yang disebabkan oleh keadaan alam tertentu ataupun yang disebabkan oleh adanya bakat khusus melebihi orang lain.

b) Monopoli Undang-Undang
Yaitu monopoli yang diberikan oleh pemerintah melalui peraturan undang-undang baik kepada swasta maupun monopoli yang dikuasai atau dimiliki oleh negara dengan ketetapan undang-undang.
• Contoh monopoli undang-undang kepada swasta yaitu adanya pemberian hak paten, hak cipta, hak konsesi, hak merek dagang dan sebagainya.
• Contoh monopoli yang dipegang oleh negara dengan ketetapan undang-undang, yaituBank Indonesia, PT. PLN(persero), PT. Postel, Perum Kereta Api dan sebagainya.


2. CIRI – CIRI PASAR MONOPOLI

Adapun yang menjadi ciri-ciri pasar monopoli adalah :
a) Pasar Monopoli Adalah Industri Satu Perusahaan

Sifat ini sudah secara jelas dilihat dari definisi monopoli di atas, yaitu hanya ada satu saja perusahaan dalam industri tersebut. Barang atau jasa yang dihasilkannya tidak dapat dibeli dari tempat lain. Para pembeli tidak mempunyai pilihan lain, kalau mereka menginginkan barang tersebut maka mereka harus membeli dari perusahaan monopoli tersebut.

b) Tidak Mempunyai Barang Pengganti yang Mirip

Barang yang dihasilkan perusahaan tidak monopoli tidak dapatdigantikan oleh barang lain yang ada dalam pasar. Barang tersebut merupakan satu-satunya jenis barang yang seperti itu dan tidak terdapat barang mirip (close substitute) yang dapat menggantikan barang tesebut.




c) Tidak Terdapat Kemungkinan untuk Masuk ke dalam Industri

Sifat inimerupakan sebab utama yang menimbulkan perusahaan yang mempunyai kekuasaan monopoli. Adanya hambatan kemasukan yang sangat tangguh menghidarkan berlakunya keadaan yang seperti itu. Ada beberapa bentuk hambatan kemasukan dalam pasar monopoli.

d) Dapat Mempengaruhi Penentuan Harga

Karena perusahaan monopoli merupakan satu-satunya penjual di dalam pasar maka, perusahaan monopoli dipandang sebagai penentu harga atau price setter. Dengan mengadakan pengendalian ke atas produksi dan jumlah barang yang ditawarkan perusahaan monopoli dapat menentukan harga pada tingkat yang dikendakinya.

e) Promosi Iklan Kurang Diperlukan

Karena perusahaan monopoli adalah satu-satunya perusahaan di dalam industri, ia tidak perlu mempromosikan barangnya dengan menggunakan iklan. Walau bagaimanapun perusahaan monopoli dering membuat iklan. Iklan tersebut bukalah bertujuan untuk menarik pembeli, tetapi untuk memelihara hubungan baik dengan masyarakat.

Ciri-ciri pasar monopoli lain adalah :
o Hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran
o Penampilan baik dalam bentuk lokasi penjualan maupun service merupakanupaya mendapatkan laba maximum.
o Penjual tunggal ini tidak dipengaruhi dan tidak mempengaruhi harga serta output dari produk-produk lain yang dijual dalam perekonomian.



3. FAKTOR – FAKTOR YANG MENIMBULKAN MONOPOLI

a. Perusahaan Monopoli Memiliki Suatu Sumber Daya yang Unik dan Tidak Dimiliki oleh Perusahaan Lain.
Salah satu sumber penting dari adanya monopoli adalah pemilikan suatau sumber daya yang unik (istimewa) yang tidak dimiliki oleh orang atau perusahaan lain. Perusahaan air minum di suatu kota adalah salah satu contoh lain dari kekuasaan monopoli yang memiliki sumber daya yang unik.

b. Perusahaan Monopoli pada Umumnya Dapat Menikmati Skala Ekonomi (Economies of Scale) hingga ke Tingkat Produksi yang Sangat Tinggi.
Di dalam abad ini perkembangan teknologi berlaku sangat pesat sekali. Di berbagai kegiatan ekonomi tingkat teknologi adalah sedemikian modernnya sehingga produksi yang efisien hanya dapat dilakukan apabila jumlah produksinya sangat besar dan meliputi hampir seluruh produksi yang diperlukan di dalam pasar.
Keadaan seperti ini berarti suatu perusahaan hanya akan menikmati skala ekonomi yang maksimum apabila tingkat produksinya adalah sangat besar jumlahnya.
Pada waktu perusahaan mencapai keadaan di mana biaya produksi mencapai keadaan di mana biaya produksi mencapai minimum, jumlah produksi adalah hampir menyamai jumlah permintaan yang wujud dalam pasar. Dengan demikian, sebagai akibat dari skala ekonomi yang demikian sifatnya, perusahaan dapat menurunkan harga barangnya apabila produksi semakin tinggi. Pada tingkat produksi yang sangat tinggi, harga adalah sedemikian rendahnya sehingga perusahaan-perusahaan baru tidak akan sanggup bersaing dengan perusahaan yang terlebih dahulu berkembang. Keadaan ini mewujudkan pasar monopoli.
Suatu industri yang skala ekonominya mempunyai sifat seperti yang diterangkan di atas adalah perusahaan yang dikatakan merupakan monopoli alamiah atau natural monopoly. Monopoli alamiah pada umumnya dijumpai dalam perusahaan jasa umum (utilities) seperti perusahaan listrik, perusahaan air minum, perusahaan telepon, dan prusahaan amgkutan kereta api.


c. Monopoli Wujud dan Berkembang Melalui Undang-undang yaitu Pemerintah Memberi Hak Monopoli Kepada Perusahaan Tersebut
Di dalam undang-undang pemerintah yang mengatur kegiatan perusahaan-parusahaan terdapat beberapa peraturan yang akan mewujudkan kekuasaan monopoli. Peraturan-peraturan yang seperti itu adalah :

• Peraturan paten dan hak cipta
Perkembangan ekonomi yang pesat terutama menimbulkan oleh perkembangan teknologi. Untuk mengembangkan teknologi kadang-kadang diperlukan waktu bertahun-tahun dan biaya yang sangat besar. Oleh sebab itu kegiatan dan pengeluaran untuk mengembangkan teknologi tidak akan dilakukan perusahaan apabila hasil jerih payah mereka dengan mudah dicontoh atau dijiplak oleh perusahaan lain.
Agar usaha mengembangkan teknologi dengan tujuan untuk menciptakan barang baru akan memberi keuntungan kepada perusahaan, haruslah pemerintah melarang dan menghukum kegiatan menjiplak tersebut. Hak cipta atau copy rights merupakan bentuk lain dari hak paten yaitu merupakan suatu jaminan hukum untuk menghindari penjiplakan.

• Hak usaha eksklusif
Apabila skala ekonomi hanya diperoleh setelah perusahaan itu mencapai tingkat produksi sangat tinggi, kepentingan khalayak ramai akan dimaksimumkan apabila perusahaan diberi kesempatan untuk menikmati skala ekonomi itu, dan pada waktu yang sama diharuskan menjual produksinya dengan harga rendah. Untuk menciptakan keadaan seperti ini secara serentak pemerintah harus menjalankan dua langkah :

a. Memberikan hak monopoli kepada suatu perusahaan dalam suatu keadaan tertentu.
b. Menentukan harga atau tarif yang rendah ke atas barang atau jasa yang diproduksikan. Contoh perusahaan ini adalah perusahaan air minum, pembangkit listrik dan angkutan kereta api.

Tanpa adanya hak eksklusif untuk berusaha sebagai perusahaan monopoli akan timbul halangan untuk menikmati skala ekonomi secara maksimum. Sebagai akibatnya setiap perusahaan akan menetapakan harga / tarif yang tinggi ke atas barang / jasa yang dihasilkannya. Untuk menghindari agar perusahaanh tidak mengambil tindakan yang seperti itu pemerintah, di samping memberikan hak monopoli akan menetapkan harga / tarif penjualan dari barang / jasa yang disediakan perusahaan tersebut.

Adapun Dr. Boediono dalam bukunya “Seri Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi No.1 Ekonomi Mikro” menyebutkan bahwa suatu perusahaan monopoli bisa timbul karena beberapa sebab, antara lain:

a. Penguasaan Bahan Mentah Strategis

Kalau X adalah input utama untuk produk Y, maka penguasaan sumber-sumber X akan bisa menimbulkan perusahaan monopoli untuk barang Y, dengan jalan menolak penjualan X kepada perusahaan-perusahaan lain.

b. Hak Paten

Merupakan suatu sumber terjadinya monopoli untuk suatu macam barang tertentu atau cara produksi tertentu.

c. Terbatasnya Pasar

Dibanding dengan skala minimum perusahaan, merupakan sumber lain. Karena pasaran untuk suatu barang adalah terbatas, mungkin hanya bisa memberikan “ruang hidup” untuk satu perusahaan saja. Dengan istilah lain, karena adanya economic of scale yang besar, tetapi luas pasar yang terbatas, maka satu perusahaan saja sudah mampu memenuhi pasar. Akibatnya kalau ada perusahaan baru yang berminat masuk ke dalam pasar tersebut akan mengalami kesulitan dalam menjual barangnya. Jadi di dalam pasar tetap hanya ada satu penjual.

d. Pemberian hak monopoli oleh pemerintah


4. PEMAKSIMUMAN KEUNTUNGAN DALAM MONOPOLI

a. Hasil penjualan total akan mengalami pertambahan, tetapi pertambahan itu semakin berkurang apabila produksi bertambah banyak. Setelah mencapai tingkat produksi tertentu, pertambahan akan negatif

b. Pada umumnya, hasil penjualan marginal nilainya lebih rendah daripada hargaPemaksimuman keuntungan dalam monopoli, dapat dihitung dengan formula kuntungan = hasil penjualan marginal.

5. KELEBIHAN, KELEMAHAN, KEBURUKAN DAN DAMPAK DARI ADANYA PASAR MONOPOLI

 Kelebihan pasar monopoli, antara lain :

1. Keuntungan penjual cukup tinggi.
2. Untuk produk yang menguasai hajat hidup orang biasanya diatur pemerintah.


 Kelemahan pasar monopoli, antara lain :

1. Pembeli tidak ada pilihan lain untuk membeli barang.
2. Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan.
3. Terjadi eksploitasi pembeli.

 Keburukan pasar monopoli, antara lain:

1. Timbulnya ketidakstabilan harga.
2. Kecilnya volume produksi menimbulkan adanya biaya sosial yaitu biaya yang ditanggung oleh masyarakat.
3. Adanya unsur ketidakadilan sebab monopolis akan menekan biaya produksi serendah-rendahnya pada pasar faktor produksi dan dengan harga tinggi di pasar barang.
4. Kepentingan umum banyak diabaikan, sebab orientasi usahanya hanya didasarkan atas untung rugi saja.

 Dampak Pasar Monopoli

Dampak dari adanya pasar monopoli dapat kita lihat dari segi:

Segi Positif
1) Memotivasi penggunaan dan inovasi baru dari teknologi, dengan tujuan biaya per unit dapat ditekan sehingga keuntungan dapat ditingakatkan
2) Meningkatkan produksi secara massal dan meningkatkan produktivitas, sehingga status sebagai pemegang monopoli dapat dipertahankan.
3) Kesejahteraan karyawaan relatif lebih baik.
4) Aktivitas dan kreativitas bagian penelitian dan pengembangan perusahaan lebih diperhatikan.

Segi Negatif
1) Ketidakadilan karena monopoli memperoleh keuntungan diatas keuntungan normal.
2) Jumlah produksi ditentukan oleh monopolis sesuai dengan keuntungan yang ingin diperolehnya.
3) Memproduksi output pada tingkat lebih rendah daripada output kompetitif (yang sesuai dengan permintaan konsumen).
4) Mengenakan harga lebih tinggi daripada harga kompetitif.
5) Terjadi eksploitasi monopolis terhadap pemilik faktor produksi dan konsumen.
BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu perusahaan saja. Dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat.
Ciri-ciri pasar monopoli antara lainnya adalah industri satu perusahaan, tidak mempunyai barang pengganti yang mirip, tidak terdapat kemungkinan untuk masuk ke dalam industri, dapat mempengaruhi penentuan harga, promosi iklan kurang diperlukan.
Faktor-faktor yang menimbulkan monopoli antara lain perusahaan monopoli memiliki suatu sumber daya yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain, perusahaan monopoli pada umumnya dapat menikmati skala ekonomi (economies of scale) hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi, monopoli wujud dan berkembang melalui undang - undang yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada perusahaan tersebut.


DAFTAR PUSTAKA:

Sukirno, Sadono, Mikro Ekonomi teori pengantar, Edisi ketiga, PT. Raja GrafindoPersada, Jakarta,2005
Dr. Boediono, Seri Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi No. 1 Ekonomi Mikro, Edisi Kedua, BPFE, Yogyakarta, 1989

thumbnail
Judul: Pasar Monopoli
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Ekonomi Mikro :

2 komentar:

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Ali oleh Ali Madura - Published by Dunia Komputer dan Internet